Disusun Oleh Sugeng Nur Supriyadi, S.Pd
Adanya PTK yang dilaksanakan oleh guru diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran, mampu mengatasi segala permasalahan yang muncul, serta peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran yang terjadi di dalam kelasnya (Widayati: 2008). Melihat fenomena hasil belajar siswa yang rendah dan dengan latar belakang masalah tersebut, peneliti ingin mengadakan penelitian dengan judul: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Usaha Dan Energi Smk Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 21 orang karena memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM yaitu 75. Berdasarkan analisis data yang dilakukan ketuntasan klasikal belum bisa dikatakan berhasil karena belum mencapai ≥ 75%. Namun, masih ada beberapa siswa yang belum tuntas dengan skor dibawah KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih perlu ditingkatkan lagi.
Berdasarkan perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II, tampak adanya perubahan dan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor antara lain : 1) berdasarkan pengamatan peniliti, siswa sudah mempelajari terlebih dahulu materi yang diberikan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. 2) memaksimalkan kegiatan pembelajaran mengingat waktu pembelajaran yang terbatas. 3) memaksimalkan kegiatan kelompok dengan memfasilitasi pertanyaan siswa dan siswa sudah mulai berani untuk bertanya terkait materi yang kurang dipahami. Pada indikator keberhasilan disebutkan bahwa penerapan media pembelajaran roblem Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMK Islam Nusantara Comal dinyatakan berhasil apabila nilai hasil belajar siswa minimal 75 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa minimal 75%. Dan dikarenakan pada siklus II ketuntasan klasikal sudah mencapai 83% maka siklus III tidak dilaksanakan
File PTK Lengkap silahkan klik link dibawah ini
Belum ada komentar